;…; patah tulang (last episode=))

Akhirnya gw berobat ke pak haji yang di Cikeas ini selama kurang lebih 2 bulanan. waktu awal mulanya sih, perkembangannya “menurut gw” bagus. (karena gw melihatnya dari sisi kemampuan kaki gw utk menekuknya sudah bisa nambah sekitar 90 derajat-an). tapiiii…gw ga suka cara pengobatannya. Abis tiap gw dateng gw langsung disuruh tengkurep, trus kaki gw ditekuk sekuat tenaga ma dia. gilaaaa, rasanya sakiiiit banget.
karena gw merasa ga kuat lagi buat nahan sakit kalau cara pengobatannya kaya gitu terus, makanya gw putusin kalo gw ga mau dateng lagi ketempat itu.
Singkat kata singkat cerita…gw dah mulai putus asa waktu itu. dan gw jg dah mulai pasrah (tapi tetap sediiiih terus bayangin kondisi kaki gw yg bakal kaya ini seumur hidup). Ditengah kesedihan dan putus asa itu, sahabat deket gw (sekarang dah jadi suami gw=)) nyaranin supaya gw periksa ke dokter aja. kata dia’ “…kan dari kemarin dewi udah usaha kemana aja ke tempat yang dewi yakinin bisa nyembuhin. dewi udah pake cara alternatif yang dewi pengenin, biar gausah dioperasi, dan ternyata ga bisa kan?? coba sekarang dewi ke dokter aja deh, pake cara dian (nama suamiku). pake cara pengobatan medis…”

(sebenarnya dari awal, emang gw pgnnya langsung dirawat ke dokter aja, pake cara medis. tapi, kata “omongan” banyak orang, “…mendingan ke alternatif aja deh, cepet sembuhnya, ga usah ke dokter. lagian kalo ke dokter musti di operasi loh, tapi tetep aja banyak yang gagal operasinya tuh. pdhldah cape2 operasi bayarnya mahal tapi tetep cacat juga. percuma aja kan? mendingan berobat ke alternatif aja deh. biayanya lebih ringan, trus banyak yang sembuh normal lagi…bla bla bla…”. malah waktu gw dirawat di di RS Siaga aja, pasien disitu ada juga yang nyuruh gw “..mendingan jgn rawat disini deh…, gausah dirawat di RS deh, di alternatif aja mendingan. orang saya aja nyesel kok dirawat disini. ga sembuh2. ini saya dah 3 bulan dirawat disini. tapi blum sembuh2 juga…” gitu katanya. Dan gw emang menghindari banget buat dioperasi. kalo bisa, gw pgn sembuh tanpa dioperasi. bukan apa2. gw cuma takut doang=P ama kata nyokap gw, nanti ada cacat tanda bekas operasi-annya bakalan berbekas dikulit). yaudah, setelah perundingan panjang sekeluarga, waktu itu kita mutusin berobat ke alternatif aja, gausah ke dokter, tapi ternyata…???

Setelah gw tanya konfirmasi ke RS, gw dikasihtau kalo dokter ahli bedah orthopedi yang gw pilih prakteknya hanya tiap hari Senin, Rabu, dan Kamis. (Dr. ahli ortho yang gw pilih namanya Dr. Wibisono/ karena menurut informasi yg gw dapet, dokter ini adalah salahsatu dokter terbaik yang dipunyai RS ini. Jam terbang operasinya dah buanyak banget, dan hasilnya bagus semuanya, katanyaaaa…).

….
pic by seger van wijk (http://www.3dtotal.com/ps100/pstut100.html)

Pertamakali ketemu sama Dr. Wibisono, gw di cela abis2an. katanya…”masa jaman udah millenium gini masih percaya ma yang namanya dukun2an…anak S1 UI lagi…”=) kan dari kecil kita dah diajarin ma bu guru..kalo sakit berobatnya ke?? Rumah Sakit. gitu kata bu Guru. ya toh??? bukannya ke dukun. waduuuh…berarti kamu dulu salah jawab mulu yah waktu SD…” hehehe..dokternya lucu juga yah…=)
iya deh Dok…namanya juga manusia…kan suka khilaf gitu loh=p

Setelah pertemuan dengan dokter gw yang humoris itu=), gw pun langsung dijadwalin buat operasi besok lusa. Dan taunya…operasi ga seseram yg gw bayangkan loh! (yah…serem sedikitlah, namanya juga mo dioperasi. tapiiii…gada rasa sakitnya sama sekali. dibandingin ma pengobatan alternatif yg kemarin gw jalanin…bedaaaa banget). Dan ternyata seru juga ya punya pengalaman operasi kaya gitu, soalnya waktu dioperasi, cuma 1/2 badan gw aja yg dibius (anggota tubuh pinggang ke bawah doang yg mati rasa, sedangkan pinggang ke atas masih tetap terjaga, jadi…waktu itu gw bisa ngeliat tampang2 dokternya, obrolan2 dan becandaan2 dokternya, ama peralatan2 operasinya, mcm2 deh, pokoknya seru abisss!)

Abis dioperasi, gw musti nginep di RS dulu selama 2 minggu, soalnya kaki gw musti dipasang alat bantu otomatis buat gerakin kaki gw terus sepanjang hari. Gunanya biar kaki gw lentur, dan setelah sembuh luka operasinya kaki gw dah bisa langsung ditekuk tanpa harus latihan/ dipaksa ditekuk2 lagi kaya model pengobatan “pak haji pak haji”. 2 minggu di RS rasanya lamaaa banget. dan setelah 2 minggu berlalu, gw dipersilahkan pulang dengan menggunakan kursi roda. Selama beberapa bulan gw kontrol dan latihan di fisiotherapi, dan akhirnya…
“…Here I am!!=)…” love

Kaki gw dah berfungsi normal lagi seperti semula (tapi belum 100% sih, soalnya kalo jalan lamaaaa banget, masih suka kerasa cape dan sakit. tapiii…keinginan gw biar bisa solat seperti dulu lagi tercapai. Alhamdullillah). tapiii…besi plat yang dipasang dokter didalam kaki gw, masih terpasang dikaki gw. Insya Allah dalam waktu dekat ini akan diambil melalui operasi (lagi). Mudah2an aja operasi yang kedua nanti berjalan dengan lancar juga. amin.

This entry was posted in Curhat! and tagged . Bookmark the permalink. Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

58 Comments

  1. rainhold
    Posted June 18, 2012 at 11:45 am | Permalink

    mbak,,,,,
    saya jg mengalami patah femur yg cukup kompleks dan parah yh,, di sertai dislokasi pada patela,,,,

    saya d alternatif slama 3 bulan

    d sana lutut saya cman bisa bengkok 35 derajat

    stlah itu saya d operasi d rspad gatot subroto,,,,,

    saya sudah 4 bulan pasca operasi,

    namun saya heran
    saya tidak d pasang alat penggerak otomatis

    sehingga wktu saya belajr nekuk
    sakit ny luar biasa

    smpai skrng lutut saya masih hanya biza smpe 100 derajat

    yg saya tnya kak

    alat otomatis itu gmna seh
    skit kah wktu aat itu bekerja ,,

    dan setlah alat itu d buka
    kaki mbak langsung bisa d tekuk smpurna,,,,,

    klo bisa mbak
    mbak inbox no hp mbak ke email sya

    saya butuh temen mbak untuk bicarain ini

    terimakasih mbak
    seblumny
    saya umur 17 thun ,,nama saya rainhold

  2. Posted June 23, 2012 at 1:59 pm | Permalink

    Assalam wr wb, perkenalkan nama sy wisnu, usia 27 tahun domisili di Banten,sy punya pengalaman pengobatan alternatif.sy mengalami kecelakaan tepatnya 1 September 2011,sy mengalami patah tulang terbuka paha kaki kanan,sy memilih mengobati di alternatif yg udah mengantongi izin dinkes, selama pengobatan disana tiap 1 minggu atau 2 minggu perban dgn kapas dan penahan kayu selalu dibuka utk pengecekan dan pergantian kapasnya,disitu terapis mengetahui perkembangan tulang. Dalam waktu 2 bulan luka robek sudah kering jadi sy lebih tenang takut terjadi infeksi.4 bulan kemudian dgn sering kontrol,kata terapis tulang sy udah mengalami penyambungan,masuk bulan ke 5 sy dibolehkan latihan nekuk, masuk 6 bulan dibolehkan latihan jalan,karena 1 bulan telat kontrol,tepat dipatahan tulang terjadi benjolan akhirnya ditunda belajar jalannya dilakukan pembidaia dgn dipanjangin lagi kayu sebelah kanan,yg sy tanyakan tadi siang kontrol perban dibuka, tulang keliatan belum mengalami pengerasan,bahkan terapis bilang kalau ini gagal. Sy jadi takut,4 bulan yg lalu kata terapis tulang sy udah nyambung.apa sy mengalami delay union?terakhir rontgen bulan ke 5 tidak kelihatan samar2 callusnya,tp kenapa terapis bilang sebenarnya tulang sy udah nyambung makanya dibolehkan latihan jalan,dipaki latihan jalan tidak terasa sakit sama sekali. Sekarang udah masuk 9 bulan,kemaren kontrol di alternatif katanya tulang sy gagal+kering,akhirnya sy memutuskan rontgen kembali, ternyata hasilnya belum kelihatan nyambung, dokter di RS Swasta daerah Serang menyarankan harus tindakan medis,keluarga memutuskan pulang dulu untuk berdiskusi. Selang beberapa hari sy ga sengaja nemuin blog yg mengantarkan sy ketemu para alumni n orang2 yg sedang mengalami patah tulang, disitu sy kenal orang 1 daerah yg pernah berobat di alternatif yg sama sy jalani, dy bahkan 1,3 tahun ga ada perubahan, setelah kenal dy, sy sering tuker info dgn sms, banyak cerita yg sy dapatkan dari dy, mulai dari penanganan n biaya operasi, Alhamdulillah dy akhirnya operasi bulan februari, sekarang udah jalan pakai krug, hasil rontgennya callus penyambungan tulang udah keliatan. Nah sekarang sy lg persiapan mau operasi pasang PEN tp nunggu dana segar cair, mohon doanya teman2 biar lancar,menurut sy kalau berdasarkan pegalaman sy, pengobatan alternatif itu untung2an, sy jg perhatikan banyak yg bisa sembuh pulih tp ada sedikit cacat, ada pula sy ketahui 1 orang belum dikasih kesembuhan Allah,mungkin banyak jg diluaran sana ada yg pengobatan alternatif yg mgkin ga ada perubahan yg tidak sy ketahui,sebetulnya bukan gagal di alternatif tp kesembuhan yg tertunda, tetep semangat, karna tidak hanya nikmat sehat yg kita syukuri, nikmat sakit pun patut jg kita syukuri, karna dibalik ini semua sy yakin bahwa Allah punya rencana indah, tetep semangat.
    Silahkan gabung di group FB ” Pasukan Patah Tulang Kaki ‘’silahkan add YM ” Putra_qu@yahoo.com pin BB 22636B16, disana kita bisa berbagi cerita, terima kasih mbak dephe atas blog ini.

  3. Romy
    Posted August 14, 2012 at 7:49 am | Permalink

    Hi, saya persis 3 minggu lalu baru di operasi di RS Medistra, saya patah tulang antara tulang bonggol dan tulang paha, saat ini dipasang pen stainless steel dengan 8 screw (baut). Bagi yang memiliki alergi, akan disarankan menggunakan pen dari bahan titanium.

    Alasan saya memilih RS Medistra krn di RS ini ada Dr. Nicolaas Budi Parama yang merupakan President Ikatan Dokter Orthopedi Asia Pacific yang juga jebolan Harvard University USA, dia juga praktek di RS Siloam. Memang biayanya tergolong mahal, namun kesehatan memang mahal harganya dan saya tidak mau main2 dengan kesehatan, saya berharap yang terbaik.

    Operasi berjalan sekitar 3 jam dari perkiraan 1, 5 jam, akibat multi fracture (banyak patahan/pecahan) sehingga mesti di susun satu persatu, setelah 10 hari sambungan tulang kembali di CT Scan dan hasilnya Alhamdulillah sangat baik.

    Saat ini saya blm bisa full aktif bekerja, namun sudah mulai bekerja setelah 2 minggu operasi. Saya bekerja 3 hari seminggu dan 4 jam sehari.

    Bila ada saudara atau kenalan yang menderita patah tulang, anjurkan untuk kedokter!! Jangan ke alternatif!!

    P.S. For info, total biaya + fasilitas VIP sekitar 235jt.

  4. ridwan
    Posted August 23, 2012 at 1:09 pm | Permalink

    kak, biaya operasinya berapa ya? kalo pake jamsostek bisa ga? tolong banget dijawab

  5. danang
    Posted September 2, 2012 at 9:38 am | Permalink

    lam kenal kak
    assalamu’alaikum.wr.wb
    kak 3 bln yg lalu q kn udh operasi pasang pen pada kaki kanan,lha ni udh mo lepas krek 1 kak
    mana yg hrus dilepas kreknya kak
    thank’s be4

  6. widjie
    Posted September 9, 2012 at 8:25 pm | Permalink

    asslamu…kak..mnrt kakak q hrs nurutin dokter gak ya??/q hbs oprasi patah tulang paha kanan kiri 4 bln lalu…skrg q udh bisa jaln tnpa tongkat,tp dokter msih blm ksh rekomendasi ma q utk lepas tongkat…q udah malu kak pake tongkat itu,….gmn yaaa…
    thanks…

  7. Posted November 24, 2012 at 5:40 pm | Permalink

    All @ Salam kenal semua. Wah pengalaman mbak dephe persis yg q alami skrg. Aq patah tulang terbuka paha kanan. Dulu selama di alternatif pernah baca blog ini ternyata kejadian pada q sendiri. Aq kecelakaan motor 1 sept 2011 menjalani pengobatan alternatif di Baros Serang Banten sampai mei 2012 tidak ada perubahan penyambungan tulang yg patah setelah 2X rontgen, akhirnya trauma dukun n memilih operasi di RSUD Serang. Setelah konsul dokter ortho ditentukan tindakan pasang pen dgn bonegraft alias cangkok tulang. Jadwal op 18 juli 2012 Alhamdulillah berjalan lancar, singkat cerita stelah cek up bulan ke 3 pasca operasi sudah napak full n lepas 1 krug, skrg tepat 4 bulan 7 hari udah coba lepas krug hanya 1 atau 2 langkah tp jangan ditiru krna belum cek up ke 4 bulan, rencana bulan ke 5 aja cek up. Semangat buat seperjuangan patah tulang. Sabar n ikhlas. Add fb “wyznudejavu@yahoo.com” dgn senang hati qt berbagi.

  8. Posted November 24, 2012 at 5:50 pm | Permalink

    Sekedar info : Sdr. Prast patut diketahui, u/ pen yg ditanam buat penyambungan tulang menggunakan bahan PLATINA bukan BAJA bukan pula BAJA STAINLESS. Karna platina lebih aman ditubuh manusia, kalau baja bisa tetanus karna ada kandungan besi. Ilmu kedokteran pasti sudah melakukan penelitian dan tidak sembarangan dalam penanganan kasus frakture. Tidak disarankan apabila masuk ke tubuh manusia bahan selain platina. Ditunggu kunjungan balik ke blogku wycydejavu.wordpress.com

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

*
*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>