Resep Bakso ala Dephe (ˆ,ˆ)

Bakso,,,

Ya! Itulah jajanan/ panganan favorit aku^^
Seminggu aja ga “ngebakso”..rasanyaaa adaa yang kuraaanng gituuhh:p

Tapi sayangnya..bakso yang beredar skrg menurut info di tv..ada yang mengandung daging babi! Yuuckk..babi kan haram bow! *menurut agamaku*

Trusss..ada juga yang mengandung bahan berbahaya lain seperti borax, formalin..hadeehhh jahat2 bgt sih abang pembuat bakso:(

Jadiii..gimana dong nih nasib2 pencinta bakso kaya aku iniiiihh..
Kalo baksonya dibuat dr bahan2 haram dan bahaya kaya gitu kaannn ogaahhh bgt!

Okelaahhh..life must go ooonnnn..hehee:p

Daripada kita beli bakso yg kurang jelas asal-usulnya itu..mendingan kita buat sendiri aja yuukkk baksonya.

Ujicoba resep pun dimulaiiiii…
Naahh..ini nih hasil resep ujicobanyaaahh…

*Resep Bakso ala Dephe*
Sebelum kita memasak bakso..kita buat dulu yuukkk baksonyaaa..caranya sbb:

Cara Membuat Bakso:
Bahan2 yang perlu disiapkan:
1. Daging segar 1/2kg potong2 dadu biar mudah diblendernya, (daging giling jg boleh)
2. Tepung Sagu 1/4kg
3. Bawang putih 1siung (+- 10butir)
4. Lada sesuai selera
5. Garam secukupnya
6. Balok es (+- 6balok ice cube)

Cara pembuatan:
1. Blender semua bahan hingga tercampur rata.
Kalau sudah rata, matikan blender.. bentuk baksonya bulat2.
2. Setelah bakso selesai dibentuk semua..rebus deh baksonya..
3. …Dan bakso puuunn siap digunakan.

Nah..kalau bakso buatan sendiri sdh siap, sementara kita sisihkan dahulu air rebusan bakso+ beserta baksonya..biarkan tetap didalam air rebusan.

…sekaraangg tinggal kita buat deh bumbu kuah baksonya..
Bahan2 kuah bakso:
1. Bawang putih 1/2siung (+-6butir) dikeprek
2. Lada secukupnya
3. Garam secukupnya
4. Jahe dikeprek
5. Daun bawang + seledri
6. Bawang goreng

Cara membuat kuahnya:
1. Masukkan bawang putih yg sdh dikeprek (boleh ditumis dulu), lada, garam, dan jahe dikeprek, kedalam air rebusan bakso tadi (yg msh berisi bakso tentunya:)).
2. Tunggu sampai airnya mendidih kembali..dan sudah tercium aroma harumnya kuah bakso.
3. Setelah matang dan bumbu meresap, masukkan daun bawang seledri, aduk2 sebentar..kemudian..masukkan bawang goreng. Finiisshh! Bakso puuunnn siap di santap! \(ˆ▽ˆ)/

Nb:
*cara membentuk baksonya..bisa dgn cara: ambil adonan, genggam dgn tangan..trus ditekan. Adonan yg muncul atau keluar dr genggaman tgn (antara jari jempol dan telunjuk) disendok dgn sendok makan.
Atau..cara sesuka hati jg boleh..^^ misalnya dibulat2in dgn kedua tangan, dlsb.

This entry was posted in Curhat!, Resep dephe. Bookmark the permalink. Post a comment or leave a trackback: Trackback URL.

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

*
*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>